Jakarta –
Badan Pengawas Perawatan dan Makanan (BPOM RI) bakal mengesahkan regulasi Terbaru Yang Terkait Bersama review produk Makeup, menyusul kegaduhan yang terjadi Hingga media sosial. Aturan tersebut juga dilatarbelakangi keluhan konsumen yang kerap Merasakan konten produk overclaim, juga menyesatkan.
Kepala BPOM RI Taruna Ikrar meminta influencer bisa lebih bijak Di bermedia sosial. Utamanya, selalu memastikan konten yang dipublikasikan Yang Terkait Bersama Makeup, Perawatan, sampai Makanan, sesuai Bersama regulasi.
“Kami memahami bahwa media sosial Memiliki peran besar Di membentuk opini publik, Bersama Sebab Itu, penting Bagi kami Bagi memastikan bahwa informasi yang disampaikan Melewati platform ini telah sesuai Bersama standar Keselamatan dan Kesejaganan yang ditetapkan,” beber Taruna Di keterangan tertulis yang diterima detikcom Kamis (14/2/2025).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Beberapa regulasi yang Berencana diatur Di me-review atau mengulas produk Hingga antaranya:
- Mencantumkan sumber resmi Di konten review
- Dilarang menyebarkan klaim berlebihan atau tidak berbasis fakta
- Mengikuti mekanisme verifikasi informasi Sebelumnya mengunggah konten.
BPOM mengumpulkan sejumlah influencer yang juga pemilik atau owner skincare dan Makeup Bagi ikut menyampaikan pendapat regulasi review.
Aktor Atau Aktris sekaligus pengusaha Makeup Luna Maya menilai perlu ada regulasi yang juga mengutamakan Makeup lokal, Hingga Di gempuran produk Perdagangan Masuk Negeri.
“Pada ini, kita dibanjiri produk Makeup Perdagangan Masuk Negeri. Kita butuh regulasi yang memihak industri lokal, termasuk perlindungan Pada produk Di negeri. Samping Itu, maraknya pemalsuan produk juga sangat merugikan kami. Saya berharap Hingga Didepan bahan baku Makeup bisa diproduksi Hingga Di negeri, Sebab Pada ini hampir semuanya masih Perdagangan Masuk Negeri,” kata dia.
Di kesempatan yang sama, influencer Keindahan Tasya Farasya mengaku tidak masalah Bersama adanya regulasi mengulas produk Makeup, Di tidak membatasi kebebasan berpendapat publik.
“Saya setuju, Pak. BPOM harus bersahabat Bersama influencer dan pelaku usaha. Regulasi Yang Terkait Bersama reviu produk Perawatan dan Makanan, termasuk Makeup, memang perlu ada, tapi semoga Keputusan BPOM tidak membatasi ruang berpendapat, Di tetap sesuai Bersama aturan,” tegas Tasya.
(naf/kna)
Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: BPOM soal Aturan Influencer Review Skincare-Makeup, Ini yang Bakal Diperketat