Antisipasi Intrusi, Pengawas Pemungutan Suara Minta Penyelenggara Pemungutan Suara Perbaiki Sirekap Jelang Pemilihan Kepal Adaerah 2024

Pengawas Pemungutan Suara mengingatkan Penyelenggara Pemungutan Suara Untuk memperbaiki Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap), Senin (15/7/2024). Foto/SINDOnews

JAKARTABadan Pengawas Pemungutan Suara Nasional (Pengawas Pemungutan Suara) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (Penyelenggara Pemungutan Suara) Untuk memperbaiki Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Hal ini sebagai antisipasi masalah menjelang Pemilihan Kepal Adaerah Serentak 2024 .

Penegasan tersebut disampaikan Di Anggota Pengawas Pemungutan Suara, Herwyn Malonda, menyusul peristiwa Intrusi yang pernah menyasar server Pusat Data Nasional (PDN) beberapa waktu lalu.

“Harus dibarengi Di perbaikannya sistem, supaya sistem ini benar-benar Berencana membantu kita semua,” kata Herwyn dikutip Senin (15/7/2024).

Menurut dia, Sirekap ini juga Berencana digunakan Pengawas Pemungutan Suara Di menjalankan fungsi pengawasannya. Di karenanya, ia meminta perbaikan sistem Di rangka menjaga Perlindungan Sirekap menjadi penting dilakukan.

“Termasuk membantu tugas Pengawas Pemungutan Suara, Untuk memastikan misalnya Di hasil Pemilihan apakah sudah sesuai Syarat itu bisa Karena Itu data pembanding Untuk kita. Kalo memang Sirekap berubah itu Berencana proses penanganan,” ujarnya.

Di sisi lain, Pengawas Pemungutan Suara juga Merangsang agar Sirekap yang Berencana digunakan Di Pemilihan Kepal Adaerah Serentak 2024 ini harus dibuat setransparan Bisa Jadi Di rangka mencegah kecurangan.

“Supaya nantinya justru jangan informasi ini Karena Itu disinformatsi atau membuat kegaduhan,” pungkasnya.

(maf)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Antisipasi Intrusi, Pengawas Pemungutan Suara Minta Penyelenggara Pemungutan Suara Perbaiki Sirekap Jelang Pemilihan Kepal Adaerah 2024