Unjuk Rasa Heroik Jenderal Kopassus JS Prabowo Hingga Timtim, Buru dan Kalahkan Fretilin Hingga Hutan Bambu

Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo (Di) Pada berpisah Bersama Kay Rala, Xanana Gusmau (kiri) Hingga Bandara Comoro, Dili, Timtim. Foto/istimewa

JAKARTA – Timor Timur (Timtim) yang sekarang telah menjadi Bangsa Timor Leste Memberi banyak kenangan tersendiri Untuk Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo. Bagaimana tidak, Pada 36 tahun menjadi tentara hampir sebagian besar pengabdiannya dihabiskan Hingga Timtim.

Hingga Area penugasan tersebut, lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1976 Bersama satuan Kopassus yang dianugerahi Apresiasi Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama ini harus bertempur menyabung nyawa Berusaha Mengatasi kelompok bersenjata Fretilin.

Salah satu kenangan yang tidak Akansegera pernah bisa dilupakan dan masih terekam kuat Di ingatan Suryo, panggilan akrabnya adalah peristiwa penghadangan Hingga Area hutan bambu Illiomar Bersama Fretilin.

Dikutip Di Bacaan biografinya berjudul “Mengantar Provinsi Timor Timur Merdeka Menjadi Timor Leste” diceritakan, Pada itu Suryo yang menjabat sebagai Kasrem 164/WD Di melaksanakan kegiatan Aventurar as Terras de Timor. Tur kegiatan sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua mengelilingi Timor Timur Bersama Nusa Tenggara Timur (NTT) ini digelar Di rangka HUT Hingga-19 Timor Timur, yang Pada ini masih masuk Di aprovinsi Hingga-27 Indonesia.

Kegiatan tur yang diikuti peserta Bersama Timor Timur, NTT, dan Jakarta ini bertujuan Sebagai Menunjukkan Di dunia bahwa Situasi Timor Timur aman.

”Ketika memasuki jalan tanah dan berdebu Hingga Area hutan bambu Illiomar, saya melihat percikan debu-debu kecil Didepan sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua saya yang berasal Bersama gerumbul Hingga sebelah kanan Didepan. Saya tidak mendengar suara Disekitar, Mungkin Saja direna mengenakan helm fullface,” kenangnya, Senin (15/7/2024).

Akan Tetapi ketika melirik Gubernur Timor Timur Jose Abilio Osorio Soares atau dikenal Bersama panggilan Abilio yang mengendarai sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua Hingga sebelah kiri, tampak Abilio menunjuk Hingga arah Didepan sambil memberi kode ada tembakan. Kendaraan Pribadi Patroli dan Pengawalan (Patwal) Hingga Didepan yang dikendarai Bersama Pemimpin Pol. Paulo de Fatima Martin beserta Kendaraan Bermotor Roda Dua yang lain ternyata sudah tidak terlihat.

“Pengawal saya, Sersan Sonny Bersama Detasemen Informasi (Denintel) Koman Resort Militer (Korem) 164/Wira Dharma dan Kopral Satu (Koptu) Tarman Bersama Yonif 512 menyusul saya dan menyampaikan kode bahwa kami Ditindak,” tuturnya.

Memperoleh informasi tersebut, Jenderal Kopassus kelahiran Semarang, Jawa Di 15 Juni 1954 bersama Abilio dan kedua pengawal langsung memacu sepeda motornya Bersama cepat Ke posisi penghadang. Sesampainya Hingga Area terlindung, bak Hingga Sinema action, Suryo Memberi Kendaraan Bermotor Roda Dua, melepas helm, lalu menyerbu secepatnya sambil melepaskan tembakan balasan Hingga arah asal suara tembakan.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Unjuk Rasa Heroik Jenderal Kopassus JS Prabowo Hingga Timtim, Buru dan Kalahkan Fretilin Hingga Hutan Bambu