10 miliar kata sandi dilaporkan bocor, terbesar Ke dunia. Foto: ist
Para ahli Kaspersky Menerbitkan panduan praktis Untuk membantu User melindungi diri mereka sendiri apabila terjadi penyusupan data:
1. Periksa dampak Kartu Kuning
Ketika Kartu Kuning data terjadi, hal pertama yang disarankan adalah memeriksa apakah data kita sebagai User ikut terdampak. Solusi Keselamatan modern memungkinkan pendeteksian data bocor dan Memberi peringatan Untuk Meningkatkan langkah-langkah Keselamatan jika diperlukan.
2. Ubah kata sandi Anda sesegera Bisa Jadi
Jika terjadi Kartu Kuning data, penting Untuk segera mengubah kata sandi dan Mengkaji semua situs lain yang menggunakan kata sandi serupa. Kata sandi Mutakhir harus unik Untuk setiap akun, panjangnya minimal 8 karakter, menggabungkan huruf Didalam angka dan simbol.
3. Blokir dan terbitkan kembali kartu debit/kredit jika perlu
Jika data pembayaran disimpan Dari layanan yang Merasakan Kartu Kuning data, cara terbaik adalah memblokir dan menerbitkan ulang kartu Untuk Keselamatan tambahan. Biasanya menerbitkan kembali kartu debit/kredit tidak memakan banyak waktu dan tenaga, Agar mencegah ketidaknyamanan yang lebih besar.
4. Instal pengelola kata sandi andal
Alat seperti ini membuat kata sandi yang kuat dan menyimpannya Didalam aman Ke brankas terenkripsi. Ke Di Itu, ini diaktifkan Untuk Menyimak kebocoran data dan memeriksa apakah kata sandi User telah disusupi.
5. Jangan lupakan autentikasi dua faktor
Survei terbaru Kaspersky mengungkapkan betapa mudahnya akun disusupi tanpa kata sandi yang kuat dan perlindungan berapis seperti 2FA. Untuk melindungi akun Didalam akses tidak sah, sangat disarankan Untuk menyiapkan 2FA. Hal ini dapat dilakukan Didalam Memperoleh konfirmasi Lewat SMS, email, atau menggunakan Gadget Lunak autentikasi atau pengelola kata sandi yang menghasilkan kode satu kali.
6. Tutup akun yang tidak digunakan Didalam aman
Jika terdapat layanan yang lama tidak digunakan, sesaat Setelahnya kebocoran data, disarankan Untuk menghapus akun dan meminta penghapusan data secara lengkap Lewat Pemberian teknis atau alamat Ke Keputusan Kerahasiaan. Langkah ini, yang sering kali diuraikan Ke Pada “Hak Anda”/”Your Rights” Ke layanan yang sah.
7. Hanya membagikan informasi pribadi penting online secara minimum
Sebab kebocoran layanan besar-besaran sering terjadi, disarankan Untuk meminimalkan informasi yang diberikan Hingga suatu layanan. Pada Anda mendaftar, tidak perlu menggunakan alamat email utama: substitusi otomatis dapat digunakan. Ke Di Itu, jika tidak diperlukan, hilangkan nama asli dan alamattempattinggal.
(dan)
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 10 Miliar Kata Sandi Bocor, Ini 7 Cara Untuk Mencegah Data Tetap Aman