Update Terapi PDN, Menko Polhukam: 86 Layanan Sudah Pulih

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Berkata Terapi Pusat Data Nasional Sambil (PDNS) 2 masih terus dilakukan. Foto: Dok SINDOnews

JAKARTA – Terapi Pusat Data Nasional Sambil (PDNS) 2 masih terus dilakukan. Sebanyak 86 layanan yang berasal Di 16 tenant telah pulih.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menuturkan upaya Terapi layanan PDNS 2 dilakukan Dari Skuat yang terdiri Di Kementerian Kominfo, BSSN, PT Telkom Tbk, dan partisipasi aktif Di semua tenant.

“Per 12 Juli, pukul 17.30 WIB, tercatat 86 layanan Di 16 kementerian, lembaga, dan pemerintah Area telah go live,” ujar Hadi, Minggu (14/7/2024).

Beberapa layanan publik yang berhasil dipulihkan selain Di bentuk layanan perizinan juga berupa layanan informasi Di bentuk portal.

“Termasuk layanan beasiswa yang dikelola Kementerian Belajar, Kebudayaan, Eksperimen, dan Keahlian,” katanya.

Pada ini, Skuat terus melakukan upaya Terapi layanan publik Didalam secepat-cepatnya Didalam tetap memperhatikan aspek kehati-hatian. Proses Terapi layanan terbagi Di tiga zona tahapan berdasarkan Metode penanganan data.

Data yang terdampak insiden PDNS 2 berada Ke zona merah dan ditetapkan Di proses karantina. “Lanjutnya Berencana kita pindahkan Ke zona biru Untuk dilakukan penguatan Perlindungan dan pemindaian kerentanan Sebelumnya nantinya bisa go-live atau data layanan publik diunggah Ke pusat data lain Ke zona hijau yang siap digunakan kembali,” ungkapnya.

Menurut Hadi, setiap tahapan Terapi dilakukan Didalam teliti dan cermat. Langkah itu diambil Untuk meminimalkan celah serangan siber yang dapat masuk dan berdampak Di pelayanan publik.

“Pemerintah melakukan pembersihan data Di malware atau Mikroba yang mencurigakan Di data yang sudah berhasil diselamatkan sekaligus memperkuat parameter Perlindungan infrastrukturnya,” ucapnya.

(jon)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Update Terapi PDN, Menko Polhukam: 86 Layanan Sudah Pulih