Pegi Setiawan Di Sebab Itu Korban Salah Tangkap, Oegroseno Bandingkan Polisi Ke Indonesia dan Amerika Serikat

Mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Oegroseno mengungkapkan adanya perbedaan sistem penegakan Ke insitusi kepolisian yang ada Ke Indonesia Di Ke Amerika Serikat. Foto/Ari Sandita

JAKARTA – Pegi Setiawan menjadi korban salah tangkap Di Peristiwa Pidana Membunuh Orang Lain Vina dan Eki Ke Cirebon yang terjadi Ke 2016. Hakim tunggal Lembaga Proses Hukum Negeri Bandung Eman Sulaeman telah menggugurkan status Individu Terduga Pegi Setiawan Di Peristiwa Pidana Membunuh Orang Lain tersebut.

Mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Oegroseno mengungkapkan adanya perbedaan sistem penegakan Ke insitusi kepolisian yang ada Ke Indonesia Di Ke Amerika Serikat. Apalagi berkaitan persoalan salah tangkap.

“Contoh begini, kalau Ke Amerika itu polisi berbohong dipecat, tapi Ke Indonesia masih hanya minta maaf dan sebagainya, Sebab Ke sana benar-benar tegas kalau polisi itu tak bisa dipercaya bicaranya, dipercaya otaknya sendiri itu ya buat apa Di Sebab Itu polisi,” ujarnya Ke kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2024).

Menurutnya, polisi Ke Amerika Serikat Bisa Jadi lebih tinggi gajinya dibandingkan pegawai lainnya Ke Bangsa tersebut. Hanya saja polisi benar-benar wajib menjalankan tugasnya Di baik dan profesional.

Maka itu, jika ada polisi Ke Amerika Serikat yang melakukan salah tangkap, maka bakal Merasakan Hukuman Politik pemecatan. “Salah tangkap juga diproses Di Propam sana dan diproses, Di Sebab Itu ada pecat juga atau hanya etik, Ke sana lebih banyak diberhentikan tidak Di hormat,” tuturnya.

Dia mencontohkan, jangankan salah tangkap, masalah polisi yang berbohong saja bisa Merasakan Hukuman Politik berupa pemecatan. Termasuk, melakukan pemeriksaan tanpa disertai prosedur yang sesuai aturan.

“Contoh begini, Di suatu penangkapan Ke Rumah Individu Terduga, seorang petugas polisi Membahas HP istri Individu Terduga dan membaca, itu dipecat benar. Di Sebab Itu polisi Ke sana sudah dilengkapi Perekamgambar yang ditempel Ke baju, Di Sebab Itu dia bisa pertanggungjawabkan langkah apa, dia profesional tidak,” pungkasnya.

(rca)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pegi Setiawan Di Sebab Itu Korban Salah Tangkap, Oegroseno Bandingkan Polisi Ke Indonesia dan Amerika Serikat