Indibiz Karena Itu anak usaha Telkom yang Memusatkan Perhatian Di Usaha Mikro Kecil yang sudah digital. Foto: Di
Indibiz sendiri merupakan ekosistem solusi digital dunia usaha milik Telkom Indonesia. Mereka Memiliki ekosistem Usaha yang disebut “Island”, Di lain island Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, Indibiz Multifinance, Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi.
Indibiz mengklaim mampu menghasilkan Perkembangan revenue Di segmen SME Telkom 17% YoY. HUT Telkom Di-59 juta bertepatan Didalam 1 tahun berdirinya Indibiz.
Mereka memang tidak menyebut angka spesifik Yang Terkait Didalam pendapatan. Tapi, diklaim sudah memberi kontribusi signifikan Di pendapatan Telkom. “Kontribusi terbesar berasal Didalam segmen B2B, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Di Area,” tulis keterangan resmi mereka.
Meski, Indibiz sendiri tidak hanya Memusatkan Perhatian Di Usaha Mikro Kecil. Mereka juga menjalin kerja sama strategis Didalam berbagai institusi. Misalnya kolaborasi Didalam lembaga keuangan Sebagai solusi pembiayaan, serta kerja sama Didalam komunitas dunia usaha Sebagai Meningkatkan produktivitas Usaha.
Mereka juga bekerja sama Didalam institusi Pembelajaran Sebagai mendigitalisasi proses pembelajaran dan administrasi. Di tahun kedua, mereka menargetkan pendapatan terus Menimbulkan Kekhawatiran. Termasuk bermitra Didalam berbagai perusahaan seperti Moka, Microsoft, dan Google.
Kesadaran Digital Usaha Mikro Kecil Lebihterus Tinggi
Optimisme Indibiz melihat Didalam jumlah UKM Di Indonesia yang melonjak Didalam tahun Di tahun. Diketahui, hingga akhir 2023 jumlah total Usaha Mikro Kecil Di Indonesia diperkirakan mencapai Disekitar 65 juta unit.
Usaha Mikro Kecil Memiliki peran penting Di perekonomian Indonesia, menyerap Disekitar 97 persen tenaga kerja dan menyumbang 61 persen Di Produk Domestik Bruto (PDB).
Didalam tahun Di tahun, kesadaran para pengusaha Sebagai beralih Di digital pun Lebihterus Menimbulkan Kekhawatiran. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat hingga akhir 2023, Disekitar 30% Didalam total UKM Di Indonesia telah melakukan Transformasi Digital.
Ini Menunjukkan peningkatan signifikan dibanding tahun-tahun Sebelumnya. Malahan Badan Pusat Statistik (BPS) Di laporan terbarunya Menunjukkan bahwa UKM yang telah terhubung Didalam Jalur Digital Merasakan peningkatan pendapatan 26% dibanding Didalam UKM yang belum melakukan Transformasi Digital.
Hingga kini, Indibiz mengklaim telah melayani ribuan pelanggan Didalam berbagai sektor, termasuk Pembelajaran, Kesejaganan, Hotel, dan Peritel.
Di Di Itu, Indibiz juga telah menjalin kemitraan Didalam berbagai Mula dan pengembang Keahlian Sebagai memperkuat ekosistemdigitalnya.
(dan)
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik Usaha Mikro Kecil yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi